Review : Trend Insight – Kreativitas Desain dan Iklan

Pembaca yang budiman, baik hati dan tidak sombong. Pada tulisan kali ini akan membahas mengenai sebuah blog, bukan blog anak-anak, apalagi blog dewasa. Blog ini merupakan tugas yang direkomendasikan pada kuliah ‘Kreativitas dan Inovasi‘ pada mata kuliah SBM-ITB, bernama ‘Trend Insights‘ . Ulasan disini tidak bersifat menggurui maupun ilmiah, hanya sekedar ringkasan rekaman kesan dan tanggapan. Semoga tidak menyesatkan :p

Trend Insight (Tinsiders), menggunakan platform blogspot dengan tampilan dinamis dari platformnya. Tampilan tersebut terkesan sederhana dan menarik, ‘Simplicity Is Beauty’, namun navigasinya mudah dan lengkap berbagai opsi tampilan. Tampilan awal berupa flipcard gambar membuat pengunjung penasaran isi dari thumbnail gambar, serta dapat melihat sekilas banyak isi posting blog yang mayoritas berisi gambar dan video. Gambar dan video apa? Blog tersebut menyuguhkan informasi tentang desain, arsitektur, inovasi, motivasi dan pemasaran produk yang disajikan dalam bentuk gambar dan video, dengan sedikit teks. Isi post dapait berupa produk, purwarupa, konsep produk, desain iklan, kutipan menarik dan video motivasi yang anti-mainstream, sehingga menggugah untuk dilihat.

E-Pod for iPod
Ordinary Clock ??

Pengunjung juga dapat memilih opsi tampilan dan kategorisasi yang memudahkan pencarian. Lalu dengan sekali klik pada post, akan muncul ‘lapisan’ tampilan baru yang berisi detail post dengan animasi slider zoom yang halus, cukup menarik dan memberi ‘wow effect’. Lalu yang paling penting adalah fokus pengunjung dapat terpusat pada satu posting, tidak terganggu ornamen lainnya. Namun ada sedikit kekecewaan sebagai pengguna internet Indonesia, kadang membuka sebuah post menjadi lama dan tidak dapat menikmatinya secara nyaman akibat bandwidth yang ‘sempit’. Ukuran konten gambar yang banyak dan cukup besar, serta beberapa video, cukup lama memakan waktu loading, bung.

Blog yang dibuat pada awal tahun 2009 ini pada mulanya cukup sering membuat post, namun setelah pertengahan tahun 2010 hingga 2011, post mulai berkurang. Bahkan setelah bulan November 2011, blog ini tidak terdapat lagi post terbaru. Disayangkan memang, dengan isi yang menarik, tetapi tidak dapat dinikmati lagi yang terbaru. Apakah karena sudah tidak diminati lagi ? Lalu dari tiap post juga tidak banyak komentar yang ada. Jumlah hitungan post tersebut disebar melalui jejaring sosial juga tidak banyak, sekitar 1-5 kali saja. Apakah orang-orang menganggap ini biasa saja ?

Bagi saya, mengunjungi blog ini ibarat sebuah tamasya dari kemonotonan hidup. Isi yang menarik, iklan yang kreatif dan produk yang unik, memberi pandangan baru mengenai sebuah produk, desain atau teknik pemasaran. Apalagi tidak hanya produk biasa, ada sentuhan teknologi dan teknis yang tidak biasa. Hal ini mengingatkan saya mengenai keilmuan ‘Desain Produk’ yang membuat saya kagum. Kagum akan kreativitas desainer merancang produknya, interaksi pengguna, keterbaruan dan kreativitas serta artistik produk. Namun sekali lagi, sayang beribukan sayang, belum banyak yang berkolaborasi dengan teknologi di Indonesia. Mungkin di luar negeri sudah cukup banyak, seperti Braun, Dieter Rams, James Dyson, Vitsoe, bahkan Jhony Ive. Padahal kita juga memiliki Pak Singgih Susilo dan Ridwan Kamil, lho. Namun belum banyak yang bisa mengapresiasi dan mewujudkannya, apalagi kolaborasi dengan teknologi -_-. Padahal dengan desain yang unik dan diwujudkan dengan teknologi, kita dapat membuat definisi baru mengenai sebuah produk, seperti halnya kipas angin tanpa baling-baling ini.

Blog ini tidak sekedar memberikan ‘insight’ mengenai tren di dunia, juga menyelipkan ilham mengenai kreativitas. Banyak hal yang dapat dibuat dan dikembangkan dengan kreativitas, jika kita berani mendobrak pola pikir kaku. Pola pikir ‘linier’, yang memandang segala sesuatu ‘jika ingin begini, maka begitu saja’. Seharusnya kita dapat berpikir ‘siklikal’, melihat berbagai sudut pandang dan memanfaatkan segala kemungkinan yang terpampang polos sebelumnya. Hal-hal yang kita anggap remeh dan biasa saja, bisa menjadi menarik bila ditempatkan pada hal yang jelas dengan teknik yang tepat. Blog ini juga satu arah dengan ‘Cafe Idebeda‘ yang ingin mempertemukan dunia desain dan teknologi. Agar kreativitas desain dapat diwujudkan dan fungsionalitas teknologi dapat lebih humanis.

“Makers gonna make…!” – Idebeda

Advertisements
Review : Trend Insight – Kreativitas Desain dan Iklan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s